Home BANTEN Kades Malabar Sapa Warga Saninten

Kades Malabar Sapa Warga Saninten

0
SHARE

BANDUNG – Kepala Desa Malabar, Kecamatan Bandung, Mohamad Yunus turun langsung menyapa warga RT 02 RW 001, Kampung Saninten, Senin (16/9). Yunus menyosialisasikan Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Ia ingin, Saninten menjadi salah satu kampung terbaik pada perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten dengan total hadiah Rp900 juta itu.

Yunus merupakan warga Kampung Saninten. Radar Banten yang mengikutinya keliling kampung bersama staf desanya, tak segan menyapa warga Saninten dan mengingatkan mereka bahwa dalam waktu dekat, akan ada penilaian Kampung Bersih dan Aman. Yunus pun mengajak warganya mempersiapkan kampungnya. Mulai dari penataan, kebersihan lingkungan, hingga meminta warga aktif terlibat ronda malam.

Yunus mengaku, saat ini, pihaknya mulai mempersiapkan Saninten. Ia menindaklanjuti arahan dari Pemerintah Kecamatan Bandung dan Pemkab Serang. Di Saninten, menurutnya, yang sudah berjalan adalah gotong royong mingguan. Warga membersihkan lingkungan kampung mereka.

“Secara umum, lingkungan kita (Kampung Saninten-red) sudah bersih. Sebagian besar sampah masih dikumpulkan, kemudian dibakar di lingkungan rumah masing-masing,” ujarnya.

Mulai pekan depan, kata Yunus, pihak RT, RW, dan warga Saninten akan membuat bak penampungan sampah di belakang mesjid di kampung ini. “Belum ada petugas khusus (mengangkut sampah-red). Memang rencananya ke depan seperti itu. Bak sampah memang ada di samping irigasi, tapi tidak muat. Harus dibangun,” tegasnya. “Gotong royong mulai hilang, tapi insya Allah, dimulai dengan Jumat bersih kemarin sudah berjalan,” sambung Yunus.

Senada dikatakan staf Pemerintah Desa Malabar Tabrani. Ia menjelaskan, dari sisi keamanan lingkungan, belum ada kejadian tindakan kriminal di kampungnya. “Jadwal pos ronda belum berjalan, tapi memang tiga pos ronda ada saja yang mengisi,” jelasnya. “Begitu pun komunikasi aktif dengan babinsa dan bhabinkamtibmas. Alhamdulillah, di sini berada di lingkungan kami. Jadi, biasanya kegiatan bersama dengan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua RT 02 RW 001, Kampung Saninten, Sunata mengatakan bahwa, saat ini, jumlah warganya tak kurang dari 239 jiwa dari 74 kepala keluarga (KK). Ia mengaku, dalam rangka menyukseskan lomba, pihaknya akan menata kampung. “Kami akan lakukan pemaparan, perbaikan bak penampung sampah. Pokoknya, kami optimistis, bisa menang di lomba nanti,” tandasnya. (fdr/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here