Home TANGERANG HUB Panitia Teliti Daftar Pemilih Pilkades

Panitia Teliti Daftar Pemilih Pilkades

0
SHARE
PEMUTAKHIRAN: Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Sepatan, Agus Mulyawan (berdiri) saat mengikuti pemutakhiran data pemilih pemilihan kepala desa di Desa Karet, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, belum lama ini. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

SEPATAN – Saat ini panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Karet, Kecamatan Sepatan, melaksanakan pemutakhiran daftar pemilih. Demikian dilontarkan Suharyanto, Ketua Panitia Pilkades Karet, kepada Tangerang Ekspres, Rabu (30/10).

“Pemutakhiran dimulai 22 Oktober 2019 sampai 28 Oktober 2019. Berarti pemutakhiran dilaksanakan selama tujuh hari,” kata Suharyanto, saat ditemui di kantor sekretariat panitia Pilkades Karet, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang.

Pelaksanaan pemutakhiran kata pria yang akrab disapa Haryanto, bertujuan untuk mengetahui data faktual penduduk yang memiliki hak pilih. Sekaligus mencatat pemilih yang sudah memenuhi persyaratan, tapi belum terdaftar dalam data pemilih.

Selain itu, pemutakhiran untuk mengetahui daftar pemilih yang sudah meninggal dunia ataupun pindah domisili rumah. “Kalau ada data pemilih yang sudah meninggal dunia ataupun pindah domisili rumah, tapi masih terdaftar, maka kami coret,” jelasnya.

Ayah dua anak ini memaparkan, panitia mendaftar pemilih yang sah meliputi, sudah berumur 17 tahun pada 1 Desember 2019. “Ataupun sudah dan pernah menikah,” jelasnya. Kemudian pemilih tercatat sebagai penduduk Desa Karet, yang dibuktikan dengan KTP, KK dan suket dari Disdukcapil.

Haryanto mengatakan, setelah data si pemilih sudah dimutakhirkan, maka dilakukan penempelan stiker pemutakhiran data pemilih di rumah pemilih. Sekaligus pemilih diberikan kertas tanda bukti pendaftaran pemilih.

“Nah, kertas tanda bukti ini disimpan pemilih untuk ditunjukan dan ditukarkan dengan undangan pemilihan kepala desa,” ujarnya.

Haryanto menambahkan, lima calon kepala desa Karet yakni, nomor urut satu Lili Gozali, nomor urut dua Mardani, nomor urut tiga Ruhul Hamdi, nomor urut empat Mudi dan nomor urut lima Syihabuddin.

“Hingga kini Pilkades Karet, berjalan aman, lancar dan kondusif,” pungkasnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here