Home TANGERANG HUB 540 CPNS Tak Ikuti Tes

540 CPNS Tak Ikuti Tes

0
SHARE
JALAN TES: Sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serius menjalani ujian tes kompetensi dasar yang digelar di Lab Computer Assisted Test milik BKPP Kota Tangsel di kawasan BSD City, foto diambil beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SERPONG-Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Tangsel, Selasa (18/2) sore selesai digelar. Tes yang dilakukan di Laboratorium CAT milik Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan (BKPP) Kota Tangsel di BSD City, Serpong berlangsung sejak 8-18 Februari.

Ada 5.758 peserta yang mengikuti tes SKD namun, hanya 5.208 peserta yang mengikuti tes dan sisanya 540 peserta tidak ikut. Mereka yang tidak ikut dipastikan tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

Kepala BKPP Kota Tangsel Apendi mengucapkan syukur karena selama 11 hari dilaksanakannya tes SKD dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Alhamdullillah tes SKD berlangsung dan selesai dengan baik, serta tiap sesi dilaksanakan tepat waktu,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (18/2).

Apendi menambahkan, total tes SKD ada 53 sesi dengan jumlah peserta 5.208. Rata-rata tiap hari ada 54 peserta yang tidak ikut. Setelah tes SKD selesai dilaksanakan, nilai tertinggi mencapai 444 dan terendah 175.

Dalam SKD ada tiga tes yang diujikan, yakni tes wawancara kebanggasaan (TWK) sebanyak 30 soal, tes inteligensi umum (TIU) sebanyak 35 soal dan tes karakter pribadi (TKP) 35 soal. Peserta harus mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit.

Untuk dapat melanjutkan ketahap tes seleksi kompetensi bidang (SKB), peserta harus lulus tes SKD dan harus mendapatkan nilai ambang batas atau passing grade. Untuk TWK minimal 65 dan maksimal 150, TIU minimal 80 dan maksimal 175, serta TKP minimal 126 dan maksimal 175.

“Tapi, tidak semua yang lolos tes SKD bisa melanjutkan ketahap tes SKB dan harus dilihat formasinya. Kota Tangsel tahun ini mendapat formasi 218, tiap formasi jumlah pesertanya dikali tiga, jadi total yang akan mengikuti tes SKB hanya 654 peserta,” tambahnya.

Mereka yang akan ikut tes SKB ini berdasarkan peringkat teratas dari masing-masing formasi yang dibutuhkan. Ranking akan tersusun secara otomatis oleh sistem milik BKN.

Dalam tes SKB materi yang akan diujikan adalah tentang kompetensi bidangnya dan juga menggunakan komputer CAT. Namun, jadwal pelaksanaan tes SKB masih menunngu jadwal dari BKN.

“Nantinya, hasil dari tes SKD dan SKB akan dijumlahkan dan diambil nilai tertinggi dari masing-masing jumlah formasi yang ada. Yang dinyatakan lulus dan diterima jadi pegawai tentunya mereka yang memiliki nilai tertinggi,” jelasnya.

Pantauan Tangerang Ekspres di lokasi, Selasa (18/2) dilaksanakan empat sesi tes SKD, yakni sesi 50, 51, 52 dan 53. Sesi terakhir diikuti oleh 23 peserta dan setelah selesai nilai tertinggi 360 dan terendah 197.

Pada CPNS tahun ini, Kota Tangsel mendapat 222 formasi untuk tenaga pendidikan 69, kesehatan 89 dan teknis 64. Namun, ada empat formasi tertentu yang tidak ada pelamarnya. “Tiap formasi ini dibagi-bagi lagi, contohnya kesehatan ada apoteker, perawat, dokter dan lainnya,” tutup Apendi. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here