Home PENDIDIKAN Koperasi Guru-Guru Harapan Masa, Besar dengan Semangat Gotong Royong

Koperasi Guru-Guru Harapan Masa, Besar dengan Semangat Gotong Royong

0
SHARE
LAKSANAKAN RAT: Koperasi Harapan Masa, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, saat melaksanakan RAT, dilaksanakan di SDN Surya Bahari, Sabtu (29/2). FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI – Tak berlebihan jika menyebut seorang guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Karena mereka telah mengajar, serta mendedikasikan hidupnya untuk dunia pendidikan tanpa pamrih dan tanpa kenal lelah.

Dan sudah sepantasnya pula, mereka diberi apresiasi serta kemudahan fasilitas untuk kehidupan ekonomi mereka yang lebih baik lagi. Untuk itu kehadiran sebuah koperasi khusus untuk para guru menjadi jawaban yang tepat.

Seperti di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang ada Koperasi Harapan Masa, tentunya koperasi tersebut untuk guru-guru di kecamatan tersebut.

Koperasi yang beranggotakan para guru ini bisa memanfaatkan pinjaman dana untuk modal usaha mereka, maupun berbagai keperluan lainnya. Tentu manfaatnya banyak sekali, dalam hal ini sangat membantu menyejahterakan kehidupan para guru.

Dalam perjalanannya, Koperasi Harapan Masa yang sejatinya telah hadir sejak 30 tahun yang lalu, dalam perjalannya sempat mengalami hambatan. Tentunya, hal tersebut menjadi motivasi bagi pengurus untuk terus semangat dalam mengelola koperasi.

“Saya dan pengurus sepakat bekerja keras dengan semangat gotong royong. Alhamdulillah, pelan-pelan anggota terus bertambah, omset dan aset kita juga meningkat,” ungkap Ketua Koperasi Harapan Masa, Sayuti Lukman, S.Pd, saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Harapan Masa, kemarin.

Selain semangat gotong royong, Sayuti juga tak menampik jika keberhasilan membangun koperasi ini tidak terlepas dari 140 anggota koperasi yang begitu taat administrasi. Sehingga Koperasi Harapan Masa menjadi besar dengan kebersamaan.

Untuk itu, pada RAT ke 30, tahun buku 2019 dengan mengambil tema ‘Bersama Koperasi Harapan Masa Membangun Ekonomi Cerdas’, diharapkan koperasi andalan guru-guru ini akan terus berkembang. Sehingga koperasi tersebut akan terus membangun perekonomian anggotanya.

“Koperasi Harapan Masa diyakini akan banyak membawa manfaat bagi anggotanya,” ucap Sayuti, yang didampingi sekertaris Mulyanah dan juga badan pengawas koperasi P Jajan.

Salah seorang anggota Koperasi Harapan Masa, Siti Jamilah, merasakan betul manfaat adanya koperasi guru-guru. Menjadi anggota koperasi sejak lama dilakoninya. Jamilah sering sekali memanfaatkan dana koperasi untuk kebutuhan usahanya.

Segala bisnis ia coba, mulai dari berjualan beras, berjualan baju hingga jual kebutuhan alat rumah tangga. Dan dari keuntungan usahanya itu, ia bahkan bisa menunaikan ibadah haji.

“Alhamdulillah, kita sebagai anggota koperasi selalu diberi kemudahan. Jadi kita sering pinjam untuk modal usaha, dan ini sangat membantu,” kata Jamilah. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here