Home TANGERANG HUB Hindari Banyak Orang, Musrenbang Dilakukan Teleconference

Hindari Banyak Orang, Musrenbang Dilakukan Teleconference

0
SHARE
MUSRENBANG ONLINE: Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar (memegang mikrofon) memberikan sambutan pada acara Musrenbang secara daring di ruang kerja Bupati, Selasa (7/4). FOTO: Humas Pemkab Tangerang for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Namun, ada yang berbeda dalam penyelenggaraan musrenbang kali ini. Yakni, Bupati dan Wakil Bupati Tangerang hanya menghadap layar besar yang terhubung dengan pejabat esselon II, III dan IV.

Pejabat esselon ini menghadiri rapat di kantor masing-masing termasuk pimpinan dewan, kejaksaan, TNI dan kepolisian. Mereka berinteraksi dan terhubung satu dengan lain melalui aplikasi video teleconference.

Bupati Tangrang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, hasil dari Musrenbang tertuang dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) pada tahun anggaran 2021. Zaki menerangkan, wabah corona menjadi isu yang dibahas saat musrenbang.

“Semua hadir di tempatnya masing-masing melalui video confrence. Terjadinya wabah covid-19 mengubah arah kebijakan anggaran.  Pasti ada pergeserah anggaran karena pendapatan berkurang,” katanya kepada Tangerang Ekspres usai musrenbang, Selasa (7/4).

Zaki menerangkan, kebijakan pembangunan  di 2021 tetap berjalan tidak terlepas dari visi dan misi yang terumus dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Menurutnya, dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang. Adapun tema pembangunan yakni, memacu pembangunan infrastruktur dan ekonomi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Pembangunan infrastruktus, pemberdayaan ekonomi, kualitas SDM dan peningkatan tata kelola pemerintahan masih menjadi prioritas arah pembangunan 2021,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyied menambahkan, penyusunan RKPD memasuki tahun ketiga dari RPJMD tahun 2019 hingga 2023. Adapun arah kebijakan dan prioritas daerah menitikberaktan ipaya percepatan perwujudan program pembangunan.

“Isu strategis diantaranya, pembangunan infrastruktur yang mendukung perekonomian dan kemudahan aksesibilitas, peningkatan perekonomian masyarakat, Pembangunan berbasis sumber daya manusia yang berkualitas,” terang mantan Gelandang Persita Tangerang.

Saat musrenbang, Pemkab Tangerang menghadirkan empat narasumber juga di lokasi yang barbeda yaitu Kepala Bappeda Provinsi Banten di ruang Kerjanya, KP3B Banten. Lalu ada, Faisyal Basri, ekomom nasional dan Yayat Supriatna, pengamat tata kota dan Kemenpan RB. (sep/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here