Home TANGERANG HUB Hari ini, Tiga Besar Open Bidding Diumumkan

Hari ini, Tiga Besar Open Bidding Diumumkan

0
SHARE
Hari ini, Tiga Besar Open Bidding Diumumkan
Hendar Herawan, Kepala BPKSDM Kabupaten Tangerang. FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA–Lelang jabatan atau open bidding esselon II Pemerintah Tangerang (Pemkab) tinggal menunggu pengumuman perolehan nilai tiga besar. Rencananya, perolehan nilainya diumumkan, Selasa (1/9).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang, Hendar Herawan mengatakan, semua tahapan tes sudah dilalui. Mulai dari administrasi, psikologi, kompetensi bidang hingga wawancara.

“Tinggal kita umumkan skoring dan tiga besar besok (hari ini-red). Panitia seleksi (pansel) sudah menilai secara keseluruhan perolehan nilai dari peserta open bidding. Hanya diumumkan yang masuk tiga besar sesuai formasi jabatan yang dilelangkan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (31/8).

Diketahui, empat formasi jabatan yang dilelangkan pemkab yakni, tiga posisi staf ahli dan satu pimpinan dinas. Di antaranya, staf ahli bidang kemasyarakatan, pembangunan ekonomi, pemerintahan dan kepala dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag).

Diketahui,jumlah pelamar sebanyak 21 orang dan yang lolos seleksi administrasi 19 orang. Data yang diperoleh Tangerang Ekspres, pelamar atas nama Ahmad Kasori melamar di dua posisi yakni staf ahli bidang kemasyarakatan dan Disperindag.

Hendar menambahkan, apabila yang bersangkutan dinyatakan lolos tiga besar maka penempatan jabatan berdasarkan penilaian Pansel. “Pasti hanya masuk di salah satu. Kalau dua-duanya berprestasi maka akan dipilihkan Pansel. Karena panitia yang melakukan wawancara dan memeriksa hasil semua tahapan seleksi termasuk seleksi psikologis oleh dosen psikolog Unpad,” ujarnya.

Hendar memastikan, pengumuman tiga besar dipastikan mencantumkan skor atau perolehan nilai dari akumulasi semua tes. “Iya kita umumkan berikut nilai. Kita mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sebagai pelaksana open bidding yang dari awal selalu mencantumkan skor atau perolehan nilai,” jelasnya.

Lanjutnya, ada bobot penilaian tersendiri dari Pansel. Dimana setiap tes berbeda pemberian bobot persentase nilai. Hendar menjelaskan, nilai atas tes psikologi, pembuatan makalah, rekam jejak dan wawancara diberikan Pansel. “Persentase bobot penilaian dan hal lainnya sudah dikonsultasikan dengan komisi aparatur sipil negara (KASN),” katanya.

Menurut Hendar, akan ada 9 pelamar yang dinyatakan gugur alias tidak masuk dalam tiga besar. Pelamar yang masuk dalam tiga besar akan dipilih satu orang sebagai pejabat esselon II di setiap formasi jabatan yang dilelangkan.

“Rencananya, sebelum dipilih akan ada wawancara dengan pimpinan dalam hal ini bupati dan wakil bupati. Tentunya itu mutlak hak pimpinan. Untuk penentuan penempatannya itu menjadi hak preogratif kepala daerah. Besok (hari ini-red) itu kita umumkan tiga besar. Kalau mau bocoronnya, lihat saja besok (hari ini-red) siapa yang masuk tiga besar,” pungkasnya. (sep/din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here