Home OLAHRAGA Jelang SEA Games 2017 Tambah TC di Lithuania

Jelang SEA Games 2017 Tambah TC di Lithuania

0
SHARE

Tidak ada kata puas bagi tim basket Indonesia untuk mempersiapkan diri menuju SEA Games 2017. Sejumlah ujicoba pertandingan pun terus mereka hadapi demi mematangkan permainan Mario Wuysang dkk. Setelah memastikan bakal memulai TC di Batam pada hari ini dan Amerika Serikat pada Juni mendatang, timnas juga berencana menambah pertandingan ujicoba. Lithuania pun dipilih oleh manajemen untuk menjadi tempat try out mereka.

“Lithuania duduk di peringkat 2 FIBA. Kebetulan kami juga mendapat jatah try out dua kali plus TC dari Satlak Prima. Jadi, setelah dari Amerika Serikat, kami ingin ajukan proposal untuk berangkat ke Lithuania,” kata Wahyu Widayat Jati, pelatih timnas. Jika disetujui, Cacing –panggilan Wahyu- mengatakan, usai menjalani try out ke Amerika Serikat pada 3-23 Juni nanti, para pemain akan diberi jatah waktu libur lebaran. Namun, mereka tidak bisa berlama-lama karena harus bergegas untuk bertandang ke Lithuania.

Seusainya dari Lithuania, rencananya para pemain bakal kembali ke Indonesia dan bakal menjalani pemusatan latihan, terutama melakukan simulasi pertandingan. “Mepet-mepet SEA Games nanti, kami bakal fokus simulasi biar anak-anak terbentuk chemistry dan terbiasa bertanding,” katanya. Sejauh ini, timnas sudah menjalani dua kali TC. Pertama, di Batam pada November tahun lalu. Selanjutnya, mereka menjalani TC di Surabaya pada Januari 2017 dan menjalani scrimmage game melawan CLS Knights dan Pacific Caesar. Tidak hanya itu, Diftha Pratama dkk juga melakoni SEABA 12-18 Mei lalu. Pada ajang yang dijadikan sebagai uji coba itu, timnas keluar sebagai runner up.

Sejak dipertandingkan pada 1977, tim basket Indonesia belum pernah sekalipun meraih emas di ajang SEA Games. Prestasi terbaik mereka adalah keluar sebagai runner up pada 2001, 2007, dan 2005 lalu. Manajer timnas Suhadi mengungkapkan, tahun ini timnas diberi target untuk lolos ke final dan meraih perak. “Target itu sudah sangat realistis melihat kans kami di SEA Games dan kekuatan lawan-lawan kami nantinya,” ucapnya. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here