Home OLAHRAGA Zaki Gencar Rintis Wisata Otomotif

Zaki Gencar Rintis Wisata Otomotif

0
SHARE

WISATA otomotif menjadi pilihan buat Kabupaten Tangerang untuk mengembangkan olahraga otomotif sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah serta ekonomi rakyat. Inilah yang diharapkan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat mendukung launching ajang Kejuaran Nasional (Kejurnas) balap mobil 2017 yang bertajuk BSD City Grand Prix pekan lalu (24/5).

Kejurnas yang merupakan bagian dari Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) seri ke-3 akan menggunakan sirkuit jalan raya sepanjang 3 kilometer pada kawasan BSD City yang ada di Pagedangan. Kejurnas ini akan dilangsungkan 18 sampai 20 Agustus 2017.

Wisata otomotif dengan menggelar berbagai ajang kejuaraan otomotif memang menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang untuk dikembangkan belakangan ini. Tercatat sudah empat event otomotif berskala nasional digelar di Kabupaten Tangerang, terakhir adalah kejurnas Speed Offroad yang berlabel Indonesia Xtreme Offroad Racing (IXOR) 2017 yang berlangsung, Minggu (21/5) lalu.

Ratusan pebalap nasional hadir pada ajang yang dilangsungkan di Gading Serpong, Pagedangan. Kehadiran pebalap dan tim pendukung yang lumayan besar serta penonton pada setiap even balap inilah yang diincar Pemkab Tangerang untuk bisa meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat sekitar sirkuit.

“Hunian hotel pastinya akan meningkat, karena pebalap yang hadir biasa menginap di hotel sekitar Sentul (Bogor, red) sekarang menginap di hotel yang ada di Kabupaten Tangerang. Belum lagi mekanik yang hadir pastinya butuh penginapan dan konsumsi saat dilapangan,” ucap bupati yang akrab disapa Zaki tersebut.

Zaki sendiri mengungkapkan rencana Pemkab untuk mendukung terus beberapa kejuaraan otomotif tingkat nasional digelar di Kabupaten Tangerang hingga akhir tahun 2017. “Bekerjasama dengan pengembang yang ada kita akan gelar beberapa even lagi, baik kejuaraan mobil atau motor,” jelas Zaki. “Kita punya beberapa fasilitas yang menguntungkan peserta seperti kedekatan sirkuit dengan bandara,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Pengcab IMI Kabupaten Tangerang Cecep Mulyadi mendukung penuh kebijakan Bupati Tangerang dalam mengembangkan wisata otomotif di Kabupaten Tangerang. Kebijakan ini dinilai Cecep amat membantu perkembangan olahraga otomotif di Kabupaten Tangerang.

“Harapan kami dengan banyak digelar kejuaraan di Kabupaten Tangerang kedepan muncul pebalap-pebalap yang membawa harum nama Kabupaten Tangerang baik di kejuaraan nasional maupun internasional,” ucap Cecep.

Sedang pada launching BSD City Grand Prix pihak BSD City Panji Himawan, Head of Corporate Communications Sinar Mas Land menyatakan dukungan penuh pada ajang ini. “BSD City akan memberikan fasilitas dan infrastruktur pendukung terbaik, pada ajang balap BSD City Grand Prix. Sirkuit jalan raya ini akan sesuai dengan standarisasi, yang dibutuhkan sebuah sirkuit pada umumnya, serta dibangun dengan standar keselamatan tinggi,” papar Panji saat konferensi pers BSD City Grand Prix, Selasa lalu.

Ananda Mikola, Ketua Penyelenggara BSD City Grand Prix menyebut balap mobil kali ini akan beda dengan kejuaraan yang digelar di sirkuit terutama untuk penonton. “Posisi podium penonton nanti akan menarik di mana saja. Karena penonton bisa berdekatan dengan mobil balapnya,” ucap Ananda Mikola. “Untuk keselamatan, nanti di sepanjang lintasan akan dibangun pagar pembatas setinggi 2,5 meter,” pungkas pria yang juga pembalap nasional ini. (apw/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here