Home OLAHRAGA Jajal Skema Buka Tutup

Jajal Skema Buka Tutup

0
SHARE

Persita bakal menjalani laga ujicoba kontra Pro Duta, Sabtu (3/6) malam WIB di Stadion Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta. Ujicoba pertama dari dua program ujicoba yang dirancang Bambang Nurdiansyah Pelatih Persita ditujukan untuk memantapkan skema permainan Egi Melgiansyah.

Tapi dikatakan Banur, sapaan Bambang Nurdiansyah, ujicoba ini lebih difokuskan pada menjaga kestabilan kondisi pemain asuhannya baik dari sisi fisik. Karena menurut mantan pelatih Persija Jakarta tersebut, menjaga kondisi fisik pemain agar tetap stabil menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat selama libur kompetisi selama puasa Ramadan dan Lebaran bukan saja buat pemain tapi juga pelatih.

“Sulit untuk bisa merancang peak performance (puncak penampilan, red) pemain, jika ada dua jeda jelang kompetisi bergulir Juli nanti. Kita tak bisa rancang peak pemain sekarang (bulan Ramadan, red), sekarang kita hanya menjaga kondisi agar stabil baru setelah libur lebaran kita genjot peak pemain,” ujar Banur.

Karena lanjut Banur kondisi fisik pemain kerap menurun manakala libur lebaran berlangsung. “Pola makan dan pola istirahat selama libur lebaran biasanya menjadi faktor utama menurunnya kondisi fisik pemain. Ini yang kita jaga agar setelah libur kondisinya tak drop betul,” kata Banur.

Diluar menjaga kondisi, Banur, seperti dikemukakan Wiganda Saputra, Asisten Pelatih Persita juga ingin menerapkan skema permainan yang telah dilatih dalam kurun waktu sepekan ini. Dimana, pemain diberi materi latihan yang ditujukan untuk bisa menjalankan transisi permainan dengan baik dan cepat.

Pemain diminta Banur untuk membuka ruang atau melebar ke sisi lapangan dengan cepat saat menguasai bola. Selain itu ungkap Gandul, sapaan Wiganda Saputra, mantan striker Pelita Jaya tersebut juga mengintruksikan Heru Setyawan untuk menutup rapat barisan saat bola dikuasai lawan.

“Pergerakan ini harus dilakukan pemain dengan cepat, sehingga tidak ada celah yang bisa disusupi lawan. Ini yang akan dicoba saat menghadapi Pro Duta,” ungkap Gandul. Lebih jauh dikatakan mantan bek timnas Primavera itu, menghadapi klub Liga 2 pada laga ujicoba sangat membantu proses persiapan tim secara umum. Terutama untuk meningkatkan kemampuan beberapa pemain yang punya potensi berkembang saat bermain dengan skuat utama.

Oleh karenanya pada laga nanti, Banur, ungkap Gandul akan menjajal kekuatan pemain yang biasa duduk dibangku cadangan dan pemain pelapis lebih dulu menghadapi skuat asuhan Eladio Rojas. Baru setelah itu, kekuatan inti Pendekar Cisadane akan dijajal. “Sehingga nanti saat persiapan jelang lebaran dan setelah lebaran kita bisa memasukkan pemain cadangan yang mana saja yang bisa menjadi variasi permainan Persita. Minimal, pemain yang dimaksud bisa memiliki pengalaman bermain lebih banyak serta mental bertanding yang lebih baik,” pungkasnya. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here