Home OLAHRAGA Tes Pramusim MotoGP 2019, Yamaha Masih Belum Spesial

Tes Pramusim MotoGP 2019, Yamaha Masih Belum Spesial

0
SHARE
MASIH SAMA: Valentino Rossi mengungkapkan kecewa karena Yamaha gagal memenuhi kebutuhan motor yang kompetitif untuk menghadapi musim MotoGP 2019. FOTO: Motogp.com

SUKSES menjadi yang tercepat di hari kedua tes pra musim di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, namun pebalap Yamaha Factory Racing Maverick Vinales belum puas dengan kinerja mesin motornya. Hal senada juga diucapkan rekan setim Vinales, Valentino Rossi.

Pada dua hari tes pra musim itu, Yamaha sengaja menjajal dua unit mesin berbeda yang rencananya bakal mereka gunakan musim depan. Namun, Rossi dan Vinales malah sama-sama menyebut belum menemukan perbedaan yang berarti dari dua jenis unit mesin tersebut.

Rossi merasa unit kedua yang digunakan pada Rabu lebih lemah dibanding unit pertama yang disematkan pada motornya di hari pertama. Pada hari pertama Rossi menduduki urutan ketiga.

Sementara pada hari kedua pembalap asal Italia itu melorot ke urutan kesembilan. “Rasanya tidak ada perbedaan yang signifikan,” ucapnya dilansir Motorsport.

Rossi menyebut masalah ketahanan ban belakang juga masih menjadi isu di motor barunya ini. Di lap-lap awal dia sanggup menggeber motornya dengan maksimal. Namun, setelah beberapa lap kecepatan motornya perlahan menurun gara-gara performa ban belakang yang drop.

Hal senada diucapkan Vinales. Menurutnya, karakter mesin Yamaha yang terlalu agresif juga belum hilang di unit terbaru yang dia jajal kemarin. Pembalap Spanyol itu berharap hal tersebut segara mampu teratasi.

Apalagi, menurutnya masalah itu juga yang menjadi salah satu alasan utama Yamaha gagal mengeluarkan performa terbaik di balapan-balapan awal musim ini. “Saya tidak yakin untuk mengatakan mesin mana yang lebih baik. Sulit untuk membedakannya,” ucap Vinales dilansir Motorsport.

Minggu depan, sesi tes pra musim bakal berpindah ke Jerez. Baik Rossi dan Vinales menyebut di sana adalah waktu lebih tepat untuk menilai kinerja mesin Yamaha yang baru tersebut. “Di trek yang berbeda kami akan semakin paham karakter mesin ini. Lantas memutuskan mana yang lebih baik,” ucap Rossi.

Pada tes pra musim hari kedua pada rabu, Vinales melakukan tes dengan melibas 58 lap. Dia mendapatkan catatan waktu terbaiknya yakni 1 menit 30,757 detik. Pembalap Ducati Andrea Dovizioso berada di urutan kedua terpaut 0,133 detik. Sementara juara bertahan Marc Marquez berada di urutan ketiga. Pembalap Repsol Honda itu terpaut 0,154 detik dari Vinales.

Di lain sisi, pada hari kedua tersebut Rossi hanya menempati posisi kesembilan. Catatan waktu terbaiknya terpaut 0,614 detik dari Vinales. Saat itu dia menyelesaikan 64 lap. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here