Home OLAHRAGA Pekan Olahraga Pelajar Kab. Tangerang, 2.991 Atlet Unjuk Kebolehan

Pekan Olahraga Pelajar Kab. Tangerang, 2.991 Atlet Unjuk Kebolehan

0
SHARE
RIBUAN ATLET: Peserta POR Pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat mengikuti acara pembukaan yang dilakukan di GOR Indoor Sport Center Kelapa Dua. FOTO: Aries Maulansyah/Tangerang Ekspres

TEKAD Kabupaten Tangerang untuk bisa menghasilkan atlet berprestasi di level pelajar digelorakan melalui pelaksanaan Pekan Olahraga (POR) Pelajar Kabupaten Tangerang 2019 yang resmi dimulai, Senin (1/4) pagi. Sebanyak 2.991 siswa dan siswi se-Kabupaten Tangerang unjuk kebolehan dalam kompetisi olahraga yang dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di GOR Indoor Sport Center Kelapa Dua tersebut.

POR Pelajar 2019 diikuti siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA. Pelajar tampil beradu kebolehan di 6 cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya Bulutangkis, Tenis Meja, Bola Voli, Atletik, Bola Basket dan Mini Soccer.

POR Pelajar yang berlangsung selama enam hari dan berakhir hingga 6 April 2019 dilaksanakan di dua tempat yakni Sport Center Kelapa Dua serta Citra Raya Sport Club, Panongan.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam sambutan pembukaan mengapresiasi tingginya minat pelajar pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang. Zaki menilai multi even olahraga tingkat pelajar tersebut sangat baik untuk membangun mental dan karakter pelajar yang kebanyakan masih anak-anak dan remaja.

Diharapkan, dari even ini para atlet pelajar memiliki jiwa dan semangat olahragawan yang tidak mudah patah semangat serta dapat menerapkan kedisiplinan olahraga dalam kehidupan sehari-hari.

“Tentu saja anak-anak yang berolahraga akan memiliki nilai yang lebih. Tidak saja badan sehat dan pikiran bersih tapi juga mental yang kuat dibandingkan anak anak yang tidak berolahraga,” ucap Zaki yang juga penasehat PB Perbasi tersebut saat pembukaan.

“Jadi ajang ini bukan saja wadah buat atlet pelajar mengejar medali tapi juga membangun karakter mereka untuk disiplin dan memiliki sifat kompetisi yang sehat,” imbuhnya.

Dari even ini juga, kata Zaki, diharapkan atlet potensial tingkat pelajar dapat terjaring. Sehingga mereka kelak dapat didik dan dibina untuk menjadi atlet berprestasi yang mengharumkan nama Kabupaten Tangerang. “Sehingga kita tak kehabisan atlet karena sudah punya stok yang berkualitas,” harapnya.

Dia pun meminta Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kabupaten Tangerang dan Komite Olahraga Kecamatan (KOK) dapat berkolaborasi dalam melakukan pembinaan. Salah satu caranya dengan rutin mengadakan kompetisi olahraga di setiap kecamatan.

“Agar semangat olahraga serta pembinaan usia muda bisa terus terjaga. Mudah mudahan POR ini terus berkembang karena Kabupaten Tangerang telah memiliki fasilitas yang memadai,” ujarnya.

Sedang Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang H. Achmad Taufik mengatakan sudah tugas Pemkab Tangerang untuk membina atlet usia dini. Diharapkan atlet pelajar yang mengikuti POR 2019 ini dapat rutin mengikuti kompetisi dengan tujuan mengasah kemampuannya.

“Jadi mereka telah siap apabila ada kompetisi yang skalanya lebih besar dan bergengsi sehingga bisa siap untuk menjadi atlet yang berprestasi,” pungkasnya.

Ditambahkan H. Wahyu Suryana Ketua Bapopsi Kabupaten Tangerang yang juga Kabid Olahraga Disporabudpar Kabupaten Tangerang pelaksanaan kegiatan ini tidak lepas dari peran Bapopsi di tingkat kecamatan. Wahyu berharap peran Bapopsi di kecamatan bisa dimaksimalkan tidak saja melakukan pembinaan di sekolah tapi juga mengadakan kegiatan kompetisi.

“Sehingga atlet yang berlaga di POR Pelajar ini nantinya bisa memiliki kualitas yang lebih baik, yang bertanding di POR Pelajar adalah atlet pelajar terbaik di Kabupaten Tangerang,” pungkasnya. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here