Home OLAHRAGA Ajax Amsterdam vs Juventus, Mr Champions Simpan Ancaman

Ajax Amsterdam vs Juventus, Mr Champions Simpan Ancaman

0
SHARE
CEDERA: Penampilan Cristiano Ronaldo sangat dinanti penggemar Juventus untuk bisa menaklukan Ajax Amsterdam.

CRISTIANO Ronaldo satu-satunya penyerang yang bisa jadi top scorer Liga Champions dalam enam musim berturut-turut. Keenamnya terjadi selama dia berkostum Real Madrid. Tapi, begitu memperkuat Juventus musim ini, Ronaldo belum menunjukkan potensi produktivitasnya sebagai raja gol Liga Champions.

CR7, inisial nama Ronaldo, baru mengoleksi empat gol. Tiga gol terakhir terjadi saat leg kedua 16 Besar menghadapi Atletico Madrid (13/3). Nama Ronaldo pun masih menghilang dari 10 Besar pencetak gol terbanyak Liga Champions musim ini. Nah peluangnya untuk menyodok terjadi saat meladeni Ajax Amsterdam di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, dini hari nanti WIB.

“Ronaldo telah kembali berlatih dan dia bakal melakukan segalanya bagi kami,” kata bek kanan Juve Joao Cancelo, kepada Sky Sport Italia. Nama kapten timnas Portugal tersebut sudah masuk dalam daftar pemain Juve yang dibawa ke Amsterdam. Pemain bergaji termahal di Serie A itu baru pulih dari cedera hamstring sepulangnya dari membela timnas Portugal, akhir Maret.

Ronaldo comeback usai melewatkan tiga laga La Vecchia Signora, julukan Juventus. Dia absen melawan Empoli (31/3), Cagliari (3/4), dan AC Milan pada akhir pekan lalu (6/4). Tetapi, Cancelo yang notabene rekan setimnya di timnas Portugal itu tak berani berspekulasi kans main Ronaldo sebagai starter.

“Dia dipanggil. Setelah itu, lihat saja apakah dia bermain sejak awal laga atau tidak. Soal itu, pelatih yang memutuskan,” ucap Cancelo. Gol-gol dalam laga perempatfinal terbukti dapat “menolong” musim Ronaldo di Liga Champions. Seperti apa yang terjadi dua musim lalu. Pada saat itu, Ronaldo bahkan baru mencetak dua gol sampai 16 Besar.

Tapi, begitu memasuki perempatfinal, pemain 34 tahun itu langsung “kejar setoran” dan mengoleksi lima gol dari total enam gol Real Madrid di dua leg kontra Bayern Muenchen.

Pada akhir kompetisi, Ronaldo mampu menyabet gelar sebagai top scorer dengan mengoleksi 12 gol. Bukan hanya berbekal tren gol di perempat final.

Ronaldo juga memiliki catatan gol impresif saat bersua dengan De Godenzonen, julukan Ajax. Dari lima kali dia bermain melawan Ajax, empat laga terakhir dia selalu sukses menjebol gawang klub juara Liga Champions 1994 – 1995 itu. Dari tujuh gol saat melawan Ajax, lima di antaranya terjadi ketika laga di Johan Cruijff Arena (dulu masih bernama Amsterdam Arena).

Allenatore Juve Massimiliano Allegri tak menganggap kondisi pasca cedera Ronaldo itu akan berefek pada ketajaman pemainnya. “Dia selalu merasa sudah siap. Begitu pula saat harus kembali mencetak gol,” klaim Allegri, dikutip Tutto Sport.

“Saya memang ingin segera bermain lagi,” begitu kata Ronaldo, seperti yang dilaporkan Calciomercato.

Di Amsterdam, Matthijs De Ligt dkk sudah kemasukan lima gol dalam dua laga kandang terakhirnya di Liga Champions. Tiga gol lawan Bayern (fase grup) dan dua gol Los Merengues, julukan Real. Bek kiri Ajax Nicolas Tagliafico, kepada De Telegraaf mengklaim dia dan rekan-rekannyanya sudah belajar dari Santiago Bernabeu, kandang Real.

Tepatnya saat mereka dapat melimitasi bomber-bomber haus gol seperti Karim Benzema atau Gareth Bale. Dua pemain yang punya track record mencetak gol penentu sukses Real pada ajang Liga Champions. Real disikat 4-1 di Madrid. “Dengan Ronaldo, Juve bakal sama kuatnya dengan Real,” klaim Tagliafico.

“Kami akan melakukan determinasi sama seperti yang kami lakukan melawan Real. Dari laga ini, kami tahu mereka (Juve) bakal sangat kuat. Dengan kemampuan kami, saling mengerti satu sama lain. Kami tak perlu lagi bermain dengan rasa takut, apalagi kepada Ronaldo,” imbuh bek yang sudah masuk dalam radar buruan Juve musim panas nanti tersebut. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here