Home BISNIS Transaksi Jual-Beli Mobil Selama Ramadan Tembus Rp 18 Triliun

Transaksi Jual-Beli Mobil Selama Ramadan Tembus Rp 18 Triliun

0
SHARE

Ramadan dan Lebaran menjadi ajang menghabiskan uang atau belanja (spending time). Bukan hanya pakaian atau kebutuhan Lebaran, tetapi kendaraan. Sebagai platform iklan baris online di Indonesia, OLX menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhannya termasuk jual-beli mobil baru atau bekas.

Setiap hari, terdapat 1,2 juta orang yang mengakses platform OLX untuk melakukan jual-beli. Mereka melakukan jual-beli elektronik dan gadget, fashion, hingga kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor, khususnya mobil merupakan salah satu kategori terbesar di OLX. Kategori ini berkontribusi signifikan terhadap nilai transaksi yang terjadi di OLX selama Bulan Ramadan.

“OLX mencatat nilai transaksi sebesar 18 triliun rupiah, dari 179 ribu mobil yang terjual selama bulan Ramadan,” ujar Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Kilian, dalam konferensi pers, Selasa (25/7).

Berdasarkan data OLX, terdapat lebih dari 300 ribu iklan baru yang dipasang oleh para pemilik mobil selama Ramadan. Iklan-iklan tersebut berhasil menarik lebih dari 1,2 juta calon pembeli. Bahkan pada mayoritas iklan, calon-calon pembeli datang dalam waktu kurang dari satu minggu sejak iklan di pasang.

Hal ini jelas meningkatkan peluang sebuah iklan untuk laku dengan cepat. Selama Ramadan 2017, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia adalah mobil yang paling cepat laku. Di urutan berikutnya ada Kijang Innova, Toyota Agya dan Honda Jazz, sebagai mobil yang juga cepat laku, di OLX.

“Bagi OLX, kecepatan suatu barang terjual melalui platform kami, adalah hal yang paling penting,” ujar Edward.

Rata-rata mobil laku terjual bahkan hanya dalam kurun waktu satu minggu setelah iklan dipasang. “Memastikan pemasang iklan mendapatkan calon pembeli dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat, adalah komitmen yang diberikan OLX untuk penjual. Sementara, bagi para calon pembeli, OLX berusaha memastikan tersedianya banyak pilihan atas barang yang dicarinya,”
lanjutnya.

OLX telah menjadi tempat yang dapat diandalkan bagi para pemilik mobil yang ingin menjual mobilnya. Para penjual tidak hanya datang dari kalangan perorangan atau penjual individual saja.

“Para pedagang mobil bekas, baik yang skalanya kecil maupun besar, para pemilik showroom juga turut memanfaatkan OLX untuk menjual berbagai jenis mobil,” ungkapnya. (ika/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here