Home BISNIS BI Pertahankan Bunga Acuan 6 Persen

BI Pertahankan Bunga Acuan 6 Persen

0
SHARE

BI memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan atau BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI-7DRRR) sebesar 6 persen. Adapun suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25 persen dan suku bunga Lending Facility 6,75 persen. Hal ini sesuai dengan keputusan Rapat Dewan Gubenur Bank Indonesia yang diumumkan Kamis (16/5).

“Keputusan tersebut diambil sejalan untuk menjaga stabiltas eksternal ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang meningkat,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat mengelar konferensi pers di kompleks Bank Indonesia.

Perry mengatakan, Bank Indonesia akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan menjaga stabilitas eksternal dalam mempertimbangkan kebijakan moneter, rendahnya inflasi dan mendorong perekonomian dalam negeri. Bank Indonesia, kata Perry, juga memastikan kondisi likuiditas perbankan masih akomodatif.

Selain itu, untuk ikut mendorong stabilitas dan mendorong perekonomian domestik, BI akan terus melakukan pendalaman di pasar keuangan. Sekaligus pada saat berasamaan BI juga ikut memberikan kebijakan yang bisa mendorong peningkatan ekspor dan menjaga aliran masuk atau investasi.

Perry melanjutkan BI memperkirakan, ke depan aliran modal asing masih akan berlanjut. Sehingga secara keseluruhan Neraca Pembayaran Indonesia atau NPI masih akan mencatat surplu. Kemudian, Current Account Defisit atau CAD dalam NPI sepanjang 2019, diperkirakan akan lebih rendah dari tahun 2019.

“Kami perkirakan CAD akan di kisaran 2,5 persen dari PDB. Meskipun demikian, prakiraan ini tidak serendah dari perkiraan semula,” kata Perry. (tem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here