Home OLAHRAGA Wujudkan Duet Messi-Dybala

Wujudkan Duet Messi-Dybala

0
SHARE

Mantan pelatih Sevilla Jorge Sampaoli resmi diangkat sebagai pelatih baru tim nasional (timnas) Argentina menggantikan posisi Edgardo Bauza yang dipecat 10 April lalu. Sampaoli langsung mengumbar janji untuk bisa menghadirkan duet impian masyarakat Argentina Lionel Messi dan Paolo Dybala. Sampaoli telah menandatangani kontrak dengan Albiceleste yang berlaku hingga tahun 2022 mendatang. Sampaoli, yang baru-baru ini meninggalkan pekerjaannya di Sevilla, diperkenalkan kepada publik di kantor Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), Ezeiza, Buenos Aires, Kamis (1/6) malam waktu setempat.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, sesuatu yang sudah saya impikan sejak lama. Saya selalu mengagumi tempat ini. Saya berterima kasih kepada Presiden AFA atas kesabarannya,” ujar Sampaoli seperti dikutip ESPN FC. “Kontrak saya berlaku hingga Piala Dunia 2022. Saya berharap kami bisa melakukan sesuatu yang penting untuk orang-orang Argentina,” kata pelatih berusia 57 tahun itu. Sampaoli menggantikan pelatih sebelumnya, Edgardo Bauza, yang dipecat pada 10 April lalu. Bauza kehilangan pekerjaan karena serangkaian hasil buruk di kualifikasi Piala Dunia 2018.

Argentina kini tercecer di peringkat kelima klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Cuma empat tim teratas yang lolos secara otomatis ke putaran final Piala Dunia, sedangkan peringkat kelima harus menjalani play-off melawan tim dari konfederasi lain. Tim Tango cuma meraih 22 poin dari 14 pertandingan di babak kualifikasi. Mereka ada di belakang Brasil (33), Kolombia (24), Uruguay (23), dan Chile (23).

“Kesulitan dalam kualifikasi Piala Dunia memang nyata. Kami tahu bahwa Argentina punya sumber daya untuk mencapai Piala Dunia,” ujar Sampaoli. “Kualifikasi ini kompleks dan ada tim-tim lain seperti kami yang sedang berusaha untuk mencapai tujuan yang sama,” katanya. Dan untuk meningkatkan peluang itu Sampaoli berusaha membuat Argentina lebih produktif lagi dengan memaksimalkan kekuatan yang ada termasuk memanfaatkan striker ganas yang dimiliki Albiceleste, julukan timnas Argentina, pada diri Messi dan Dybala.

Dybala dan Messi memang belum sering dimainkan bersama-sama di timnas Argentina. Cedera dan hukuman larangan bertanding yang mendera Messi membuat mereka baru satu kali tampil bersama sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018. Situasi itu membuat Sampaoli gatal untuk menurunkan Messi dan Dybala bersama-sama dalam satu pertandingan. Menurutnya, itu bukan hanya soal hasil tapi juga pertunjukan yang menarik.

“Dybala menunjukkan level tinggi dalam kreativitasnya di lapangan. Sangat bagus buat dia untuk tampil bersama-sama Messi,” ujar Sampaoli seperti dikutip Soccerway. Sampaoli sebelumnya sukses mengantarkan timnas Chile menjadi juara Copa America 2015. Bersama Sevilla, pria asli Argentina itu juga berhasil meloloskan timnya ke Liga Champions musim depan. Tugas terdekat Sampaoli di timnas Argentina adalah memimpin tim pada laga persahabatan melawan Brasil (9/6) dan Singapura (13/6). (apw/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here